Cara Menghilangkan Phobia Yang Berlebihan Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

Cara Menghilangkan Phobia Yang Berlebihan

Cara Menghilangkan Phobia yang Berlebihan 

Phobia bisa terjadi karena seseorang pernah mengalami kejadian yang menyebabkan ia ketakutan yang hebat yang disertai dengan perasaan malu, bersalah dan kecemasan apabila kejadian tersebut kembali lagi. Kejadian tersebut akan membuatnya trauma dan tertekan sampai masuk ke alam bawah sadarnya, sehingga susah untuk dilupakan.

Faktor yang menyebabkan phobia dapat dialami oleh seseorang, adalah :
  • Faktor keturunan, phobia dapat disebabkan karena riwayat anggota keluarga pernah mengalami hal yang sama. Misal : saat hamil sang ibu pernah mengalami kejadian yang menakutkan terhadap kucing, sehingga sang ibu phobia. Lalu hal itu diturunkan kepada anaknya.
  • Faktor lingkungan, phobia yang disebabkan karena lingkungan yang kurang baik terhadap kondisi psikologinya, sehingga membuat dia sering merasa takut atau cemas yang berlebihan. Misal, di lingkungan tempat tinggal sering terjadi kerusuhan yang menyebabkan seseorang mengalami ketakutan ketika mendengar teriakan.
  • Faktor budaya, phobia yang bisa terjadi karena tradisi yang harus ditaati oleh seseorang, tetapi dia tidak bisa menjalankannya. Misal, takut kepada kebudayaan suatu negara atau kota tertentu.
Phobia terbagi menjadi :
  • Phobia spesifik (sederhana) adalah ketakutan yang berlebihan terhadap suatu obyek atau dalam keadaan terntentu, seperti : phobia binatang, ketinggian, tempat gelap, tempat tertutup rapat, dan lain-lain.
  • Phobia sosial adalah ketakutan berlebihan terhadap keadaan, situasi dan kondisi sosial, seperti : phobia menjadi terkenal, phobia terhadap tempat yang banyak orang, dan lain-lain.
  • Phobia kompleks (rumit) yaitu rasa takut berlebihan terhadap tempat atau situasi yang ramai dan terbuka. Seperti, phobia naik kendaraan umum, phobia berada di pasar, dan lain-lain.
Apabila anda atau orang disekitar anda pernah mengalami  merasa tidak enak badan dan tubuh gemetar, jantung berdetak lebih kencang dan Dada terasa sakit,wajah memerah dan mengeluarkan keringat. Jika anda atau orang disekitar anda pernah mengalami hal serupa, nah itulah gejala gejala phobia. Anda tidak perlu khawatir segeralah melakukan penanganan pada kognitif psikoterapi,psikoterapi,dan konseling agar gejala tersebut tidak berkelanjutan dan dapat beraktivitas. Proses penyembuhan dapat dilakukan
  •  Hypnotherapy adalah proses penyembuhan phobia dengan cara pemberian sugesti-sugesti dari hypnotherapist kepada penderita untuk menghilangkan ketakutannya terhadap suatu obyek atau keadaan tertentu.
  • Desentiasi sistematis adalah penyembuhan phobia dengan cara membuat penderita rileks sehingga membayangkan suasana yang indah dan nyaman, setelah itu didatangkan sebuah obyek atau keadaan tertentu yang ditakutinya. 
  • Abreaksi adalah penyembuhan phobia terhadap suatu objek melalui cara pendekatan, mulai dengan foto atau gambar yang ditakutinya, kemudian dilihatkan obyek tersebut dari kejauhan dulu lalu didekatkan secara perlahan.
  • Flooding adalah penyembuhan phobia dengan cara menempatkan penderita dengan obyek yang ditakutinya, sampai ia tidak merasakan ketakutan terhadap obyek tersebut.
  •  Reframing adalah proses penyembuhan phobia dengan cara membuat penderita membayangkan kejadian masa lalu, awalnya dia mengalami phobia, dilanjutkan menyuruhnya bercerita pada yang mengobatinya.

    • Obat-obatan, penyembuhan phobia dengan penggunaan obat-obat kimia, yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk penderita phobia. Biasanya penderita setelah melakukan beberapa kali terapi bisa sembuh, tetapi penggunaan obat di dalamnya sebagai pendamping ketika rasa cemas atau takut datang. Obat yang biasanya digunakan adalah : antidepresan, beta-blocker.

Komentar