Tips Menghadapi Ujian Nasional Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

Tips Menghadapi Ujian Nasional

https://inifavoriteku.blogspot.com/2016/05/tips-menghadapi-ujian-nasional-2016.html

Buat mind mapping

 Mind mapping adalah sebuah metode belajar dengan cara mencatat sekreatif kalian bisa dengan memetakan materi pelajaran sehingga lebih muda dipelajari dan dipahami. Nantinya, catatan ini akan berbentuk seperti diagram yang mana terdapat topik utama yang diikuti oleh penjelasannya. Untuk membuat mind mapping, kamu tidak membutuhkan banyak kertas, kok. Soalnya mind mapping ini benar-benar ringkas.
Cara membuatnya cukup mudah sekali. Sebagai contoh, kamu ingin belajar tentang Pulau Jawa. Buatlah sebuah lingkaran di tengah-tengah selembar kertas. Tulislah Pulau Jawa dalam lingkaran tersebut. Lalu, di sekitar lingkaran buatlah garis-garis sebanyak jumlah provinsi di Pulau Jawa. Nah, di ujung garis-garis tersebut, buatlah lingkaran yang di dalamnya akan berisi nama-nama provinsi di Pulau Jawa.
Kamu bisa menambahkan garis dan lingkaran lagi untuk menambahkan nama ibukota provinsi di Pulau Jawa. Dengan begitu, materi yang kompleks akan dapat diubah menjadi lebih simpel dan mudah dipahami

Sistem Kartu

Selain membuat mind mapping, kamu juga bisa membuat sistem kartu. Caranya dengan memotong kertas menjadi seukuran kartu yang nantinya di kertas tersebut tertulis materi ujian. Tidak perlu terlalu detil, tapi mampu mencakup poin-poin penting materi ujian dan dapat membuatmu paham. Cara ini sangat praktis karena ukuran kartu yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Jadi, kemanapun kamu pergi, pastikan membawa kartu-kartu ini untuk belajar ya.

Belajar online

Zaman semakin canggih. Kamu bisa melakukan apapun dengan menggunakan gadgetmu. Mulai dari membaca berita bahkan untuk belajar. Dengan belajar online, kamu tidak perlu repot lagi membawa-bawa buku maupun catatan. Yang kamu perlukan hanyalah koneksi internet untuk mengakses materi ujian yang bisa kamu dapatkan di internet. Dengan begini, kemanapun kamu pergi, kamu masih bisa menyempatkan untuk belajar. Cara yang satu ini juga cocok sekali untuk kamu yang malas mengikuti pelajaran tambahan di lembaga bimbingan belajar.

Bermain kuis bersama teman

Bagaimana jika belajar kita ubah menjadi suatu permainan? Kamu bisa melakukan ini dengan teman-temanmu. Kamu bisa bermain kuis bersama teman-teman dengan menggunakan pertanyaan dari materi ujian. Siapapun yang berhasil menjawab dengan tepat akan mendapat poin tertinggi. Kamu bisa merundingkan hukuman dan hadiah kuis dengan teman-temanmu. Cara belajar ini cukup efektif untuk membuatmu mampu berpikir cepat dan tepat yang mana sangat berguna sekali di saat menghadapi Ujian Nasional 2016 nantinya

Buat Jadwal Belajar, dan konsisten dengan Jadwal

Buat kamu para juara,pasti belajar bukan sesuatu yang aneh kan ???
Membaca, mengerjakan PR, membuar rangkuman atau menghafal merupakan bagian dari belajar.
Tapi untuk sekarang, kamu perlu sesuatu yang lebih dari sekedar belajar.Kamu perlu membuat jadwal belajar yang lebih baik. Berikan alokasi wakru yang lebih untuk pelajaran yang kamu anggap sulit.Dan tetaplah fokus.

Banyak Berlatih Soal UN

Nampaknya mulai sekarang kamu harus mulai terbiasa berkawan dengan soal-soal ujian. Kamu bisa download sebanyak-banyaknya soal dari internet. Atau kalau ingin lebih yakin lagi, kamu bisa belu buku kisi-kisi UN yang disusun sesuai dengan SKL/ kisi-kisi soal UN.

Ikut dalam Sebuah Kelompok Belajar

Sebenarnya hal ini tidak mutlak dilakukan. Tapi dengan cara belajar berkelompok seperti ini, kamu bisa saling berbagi dan memecahkan hal-hal yang sukar difahami bersama dengan teman-teman. Dan inilah solidaritas yang benar, bukan dengan kerjasama berbagi contekan.

 Tinggalkan Hal Yang Kurang Bermanfaat

Mulai sekarang mau tidak mau kamu harus mualai mendaftar kebiasaan-kebiasaan kurang penting yang selama ini sering kamu lakukan. Cobalah untuk mengurangi porsinya, bahkan bila perlu tidak ada salahnya kamu ambil tindakan ekstrim yaitu dengan meninggalkannya sama sekali.He he he ...cuma sementara kok !!!

Sesekali Bermain Untuk Menghilangkan Stres

Sesekali tidak ada salahnya jika kamu melakukan refresing. Sekedar jalan-jalan atau joging keliling komplek akan menjadikan fikiran lebih fress dan siap untuk diajak tempur kembali.

 Jaga Kesehatan

Untuk beberapa hari ke depan pasti kamu akan penuh dengan banyak kegiatan.Baik itu dengan rutinitas biasa, ataupun dengan rutinitas tambahan seperti bimbel, belajar kelompok atau sejenisnya.

Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap fit merupakan sebuah keharusan. Jangan sampai semua rutinitas yang sudah kamu jadwalkan dengan baik berantakan karena kamu harus terbaring lemah di tempat tidur.

Banyak berdo'a untuk Sendiri dan Orang Lain

Banyaklah berdo'a agar kamu dimudahkan dalam mengahadapi Ujian.Dan jangn lupa kamu juga harus berdo'a untuk keberhasilan temen-teman yang lain. Karena dengan seperti itu insyaAlloh urusanmu agan dipermudah oleh Alloh.

Serahkan Semuanya Pada Alloh

Manusia hanya bisa berusaha sembari berdo'a. Adapun ketetapan semuanya ada ditangan Yang Maha Kuasa. Maka bertawakal dan banyak mendekatlah kepada-Nya dengan berbagai ibadah dan kebajikan

Komentar