Pengertian Ilmu Ekonomi Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

Pengertian Ilmu Ekonomi


Sejarah ilmu ekonomi yang lahir pada 1776 disebut sebagai ilmu ekonomi politik bukan ilmu ekonomi. Perubahan nama ekonomi baru terjadi pada 1890, pada saat Alfred Marshall, seorang ahli ekonomi dari Universitas Cambrige, Inggris menerbitkan karya “ The Principles of Economics “. Dalam perkembangannya, aliran ekonomi yang dikemukan oleh Adam Smith dikenal dengan nama aliran (mazhab) ekonomi klasik atau aliran pertama dari ilmu ekonomi modern.
                                                                            
Xenophon ( 440 – 355 SM ) menyatakan bahwa secara etimologis ( menurut asal kata ), kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, oikonomia yang merupakan gabungan  dari dua kata, yaitu kata oikos yang berarti rumah tangga, dan nomos yang berarti aturan,kaidah, atau pengelolaan. Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai denisi ilmu ekonomi.

a.     Paul A. Samuelson ( 2001), mendefisi ekonomi sebagai kajian masyakarat menggunakan sumber daya yang langka untuk memproduksi komoditi – komoditi berharga kepada masyarakat luas.

b.    Alfred Marshall, dalam bukunya Principles of Economics seperti dikutip oleh Mubyarto (1987 ), yang mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai suatu studi tentang manusia dalam kehidupan sehari hari yang mempelajari tindakan individu atau kelompok yang berkaitan erat dengan pencapaian dan pemenuhan alat kebutuhan materi bagi kesejahteraannya.

c.     Menurut Dominick Salvatore dan Eugene A. Diulio (2004), ekonomi adalah ilmu social yang mempelajari individu – individu dan organisasi yang terlibat dalam produksi, konsumsi, dan  distribusi barang dan jasa. Jadi kesimpulannya dapat diartikan sebagai Ilmu  ekonomi sebagai ilimu yang mempelajari bagaimana individu atau masyarakat memiliki cara penggunaan sumber daya untuk  memenuhi sebagai usaha mencapai kemakmuran .

Ilmu Ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro adalah cabang dari ilmu yang mempelajari prilaku konsumen dan produsen serta penentuan harga harga pasar, dan kualitas factor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan dalam lingkup kecil ( parsial ) . Misalnya, harga barang, permintaan dan penawaran sejumlah barang, prilaku produsen dan konsumen, produksi, konsumsi, distribusi, biaya dan laba atau rugi dari perusahaan. Tokoh  yang memberikan landasan berkembangannya ilmu  mikro adalah Adam Smith. Ia dikenal sebagai Bapak Ilmu Ekonomi Mikro.

Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu Ekonomi Makro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang membahas permasalahan ekonomi secara agrerat ( keseluruhan ). Variabel variabel yang dipelajari diantaranya pedapatan nasional, sempatan kerja dan pengguran, jumlah uang yang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, investasi, dan neraca perdagangan. Tokoh  yang memberikan landasan berkembangannya ilmu  makro  adalah John Maynard Keynes. Ia dikenal sebagai Bapak Ilmu Ekonomi Makro.

Komentar