Ini Favoriteku Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

10 Tempat Wisata di Bogor Paling Diminati Untuk Berlibur dan Rekreasi Alam

Tak kalah seru, Anda dapat mengecap berbagai wahana permainan menarik dari beberapa tempat wisata yang berlokasi di tengah-tengah kota Bogor, tentu sangat mudah mengakses lokasinya. Berbagai tempat kuliner Bogor serta jajanan khasnya yang nikmat juga diburu banyak kalangan pecinta kuliner. Daya tarik wisatanya yang mempesona ini berkonsekuensi logis pada kemacetan lalu lintas yang sudah menjadi fenomena biasa di Bogor, terutama saat akhir pekan atau musim liburan. Namun, pengaturan lalu lintas dari stakeholder terkait dipastikan akan memudahkan Anda untuk menikmati liburan di Bogor dengan menyenangkan.
Tempat Wisata di Bogor

Jika Anda merencanakan untuk berlibur di Bogor, berikut ini adalah pilihan tempat wisata Bogor yang trending dan populer di kalangan wisatawan. Sebagian diantaranya adalah tempat rekreasi alam yang menyegarkan!

1. Suaka Elang Loji

Suaka Elang Loji adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang menghadirkan edukasi dan pengalaman berinteraksi langsung dengan burung Elang. Berdiri sejak tahun 2008, Suaka Elang Loji bertujuan sebagai tempat rehabilitasi burung-burung elang, baik yang dipelihara warga ataupun hasil tangkapan ilegal yang diperjualbelikan secara ilegal. Di tempat ini, suasananya terasa begitu asri dengan udara sejuk khas Bogor. Juga, tersedia camping ground yang cukup luas jika Anda ingin berkemping di sana. Anda hanya perlu berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju kawasan bukit. Atau, ingin bermain-main air di kolam Curug Cibadak yang ada di kawasan ini?

 Piknik dan berkemah di Suaka Elang Loji Bogor
Alamat: Kampung Loji, Ciburayut, Kec. Cigombong, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar Rp 7.500

2. Bukit Alesano

Destinasi wisata Bogor yang satu ini menyuguhkan Anda sebuah pengalaman menyaksikan lanskap kota Bogor dari ketinggian, juga menatap puncak Gunung Gede yang megah. Saat malam hari, kerlap-kerlip cahaya lampu kota terlihat menawan dari puncak Bukit Alesano ini. Di tempat ini, tersedia camping ground yang cukup luas bagi Anda yang ingin bermalam di puncak bukit dan mendirikan tenda. Jangan khawatir bila Anda hendak berkemah, telah tersedia fasilitas MCK yang cukup baik, parkir kendaraan roda dua, serta akses air bersih yang disalurkan melalui pipa paralon di sepanjang area camping. Terlihat pula warung sederhana untuk mensuplai kebutuhan makan minum yang diperlukan di puncak bukit ini. Di kalangan penikmat perjalanan, Bukit Alesano menjadi salah satu objek wisata di Bogor yang sedang trending.


Horizon indah dari ketinggian Bukit Alesano

 Alamat: Cipelang, Cijeruk, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 10 ribuan

3. Leuwi Lieuk

Inilah salah satu pesona objek wisata Bogor yang tersembunyi di balik lebatnya hutan Sentul Selatan. Leuwi Lieuk di Sentul merupakan sebuah danau kecil, memiliki air yang jernih dan segar dengan warna hijau toska. Sepintas, Leuwi Lieuk mengingatkan kita pada Green Canyon di Pangandaran. Objek wisata ini berada dalam satu kawasan dengan Curug Leuwi Hejo. Oleh karenanya, Anda harus masuk dari pintu gerbang wisata Curug Leuwi Hejo tersebut dan memarkirkan kendaraan di dekat pos pendaftaran. Anda memerlukan trekking selama sekitar 20 menit agar tiba di lokasi Leuwi Lieuk. Perjalanan trekking ini cukup naik turun dan curam.


Air jernih kehijauan di Leuwi Lieuk
Alamat: Pabuaran, Sukamakmur, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 5 ribuan

4. Gunung Munara Rumpin

Bagi Anda penyuka hiking ringan, destinasi ini cocok bagi Anda yang ingin mendaki. Gunung Munara Rumpin yang berketinggian sekitar 1.119 meter dpl ini sesungguhnya adalah sebuah bukit. Dari puncaknya, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah. Anda perlu melakukan trekking ke puncak dalam durasi perjalanan sekitar 1 jam, kondisi jalur yang dilewati berupa tanah gambut yang licin. Meski tersedia camping ground, namun mampu menampung sekitar 3 tenda saja. Waktu terbaik untuk naik ke Gunung Munara Rumpin adalah pada saat pagi hari.


Menyaksikan lanskap hijau dari Gunung Munara Rumpin
Alamat: Kp. Sawah, Kec. Rumpin, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 5 ribuan

5. Kuntum Nurseries

Kuntum Nurseries adalah sebuah kawasan agrowisata yang memadukan konsep nursery, edukasi dan rekreasi. Tempat wisata di Bogor yang satu ini adalah pilihan menarik untuk rekreasi keluarga, terutama bagi wisata anak. Terdapat berbagai binatang jinak yang ramah bagi anak-anak sehingga mereka dapat berinteraksi. Memberi makan hewan ternak, menunggang kuda, mancing ikan, atau memetik hasil kebun adalah beberapa kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan di Kuntum Nurseries. Juga, terdapat koleksi tanaman hias dan buah-buahan organik. Anda dapat membeli dan membawa pulang sebagai oleh-oleh. Waktu terbaik mengunjungi Kuntum Nurseries adalah saat pagi hari ketika udara masih terasa segar dan sejuk.
 Mengenal hewan dan tumbuhan di Kuntum Nurseries Bogor 
 Alamat: Jalan Raya Tajur No. 291, Sindangrasa, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 40 ribuan

6. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Berdiri megah di Kaki Gunung Salak, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta merupakan sebuah tempat peribadatan Hindu terbesar nomor 2 di Indonesia. Saat Anda memasuki area wisata ini, Anda tinggal memarkirkan kendaraan dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menaiki anak tangga untuk dapat mencapai kawasan inti pura. Anda tidak akan dipungut biaya apapun agar dapat masuk, namun Anda dapat membayar biaya retribusi seikhlasnya yang nantinya akan digunakan untuk pelestarian pura. Setelah memakai selendang di pinggang, selanjutnya Anda akan dipersilakan untuk menikmati nuansa Pura dan berkeliling. Perlu dicatat, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta hanya menerima kunjungan publik sejak pukul 11 siang hingga 3 sore. Selain daripada interval waktu ini, Anda tidak diperkenankan untuk berkeliling.



Keindahan di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Bogor 
 
Alamat: Kampung Warungloa, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: gratis dan atau sukarela

7. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol sejatinya adalah sebuah bukit atau tebing batu yang tersusun dari bebatuan cadas dan berketinggian sekitar 875 meter dpl. Jika Anda membawa kendaraan roda dua, parkirlah di warung yang buka 24 jam di sana, karena warung ini juga menjadi pos awal untuk melakukan pendakian ke atas. Setelah trekking dengan jalur yang cukup menantang, Anda akan tiba di puncaknya. Terlihat pemandangan hijau hutan di horizon dengan aliran sungai yang menambah keindahan panorama yang terlihat dari ketinggian ini. Juga tersedia camping ground di area Gunung Batu Jonggol, berjarak sekitar 10 menit perjalanan dari area parkir. Secara keseluruhan, diperlukan waktu pendakian sekitar 45 menit dari titik parkir kendaraan hingga ke puncak.


Panorama indah di puncak Gunung Batu Jonggol
Alamat: Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 5 ribuan, parkir motor 15 ribuan

8. Curug Cigamea

Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang berhawa sejuk, Curug Cigamea memiliki air terjun dengan limpahan air jernih dan menyegarkan. Terdapat kolam yang terbentuk dari limpahan air curug untuk mandi atau sekedar bermain air di sini. Curug ini terhimpun dari dua air terjun utama dengan karakteristik yang berbeda. Air terjun pertama lebih dekat dengan jalan masuk, memiliki tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan hitam dan kolam limpahan air yang berada di bawahnya tidak begitu dalam dan cukup sempit. Sementara itu, air terjun yang kedua berjarak sekitar 30 meter dari air terjun pertama memiliki kolam limpahan air yang cukup luas. Airnya berwarna biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam, menandakan bagian tersebut cukup dalam. Selain berenang dan bermain air, berfoto adalah aktivitas paling populer yang dilakukan wisatawan di tempat ini. Panorama hijau hutan dan perbukitan yang terlihat di kawasan curug ini adalah daya tarik lain yang dapat Anda nikmati tatkala trekking menuju lokasi curug.

 Curug Cigame
Alamat: Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: Anda harus membayar tiket masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebesar 10 ribuan terlebih dahulu, lalu membayar tiket masuk Curug Cigamea sebesar 7 ribuan

9. Penangkaran Rusa Cariu

Terletak di daerah Jonggol, tempat wisata di Bogor yang satu ini merupakan sebuah kawasan padang penggembalaan rusa seluas 5 hektare yang berada pada daerah berketinggian 1.000 mdpl hingga 1.250 mdpl. Kawasan Penangkaran Rusa Cariu menyuguhkan Anda lanskap pemandangan alam dataran tinggi yang menarik. Dan aktivitas wisata yang paling populer di tempat ini adalah berinteraksi dengan binantang rusa serta menikmati udara segar di kawasan yang masih alami. Inilah sebab destinasi ini disukai juga oleh banyak banyak keluarga sebagai tempat edukasi bagi anak-anak sekaligus mengajarkan mereka rasa sayang terhadap segala makhluk cipataan Tuhan. Selain bermain-main di padang hijau dan berinteraksi dengan rusa-rusa, juga tersedia sarana outbond dan camping ground bagi Anda yang senang berkemah. Saat hendak memasuki kawasan penangkaran ini, Anda akan menyeberangi sebuah jempatan di atas Sungai Cibeet.


Lanskap indah di Penangkaran Rusa Cariu Bogor

10. Curug Country

Masih di daerah Jonggol, Curug Country adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang trending di kalangan penikmat perjalanan dengan suguhan air terjun bertingkat yang memiliki debit air yang mengalir lancar. Ketinggian curug ini hanya beberapa meter saja, namun aliran air pada bebatuan yang bertingkat-tingkat menciptakan pemandangan yang indah. Spot berundak-undak inilah yang menjadi daya tarik utama Curug Country. Tidak aneh jika spot ini begitu populer diabadikan dalam kamera oleh banyak wisatawan yang pernah berkunjung ke sana. Fasilitas di air terjun ini pun terbilang mendukung, dengan adanya tempat ganti pakaian, tempat sampah, warung-warung yang menyediakan aneka makanan, dan toilet. Dalam perjalanan menuju curug, terlihat beberapa villa yang dapat Anda sewa dengan kisaran harga mulai 2-4 juta/hari.

 Pesona Curug Country yang unik
Alamat: Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, Bogor
Peta lokasi: klik di sini
Harga tiket masuk: sekitar 25 ribuan

Sumber 
https://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/bogor/2016-tempat-wisata-di-bogor-berlibur-rekreasi-alam/4484/

Komentar