Ini Favoriteku Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

Cara Mudah Mengatasi Rasa Mengantuk Di Tengah Rutinitas

Hasil gambar untuk orang ngantuk

Mengantuk adalah kondisi yang wajar dialami manusia. Banyak orang yang mengantuk pada saat yang tidak tepat seperti disekolah atau kantor saat tugas menumpuk,  kamu dipaksa untuk tetap bekerja atau belajar, 
tetap bekerja atau belajar, kamu justru sibuk melawan rasa kantukmu.

Masih Penasaran ? Nah sekarang saya sudah menyiapkan cara-cara buat melawan kantuk yang menyerang ditengah aktivitasmu.

1. Bergerak Adalah Cara yang Paling Gampang

Selama bekerja, tubuh dan pikiran dipaksa untuk bisa fokus dan menjaga konsentrasi. Duduk berjam-jam di depan layar komputer sudah pasti membuatmu kelelahan, bosan, hingga akhirnya mengantuk.

Segera alihkan pandangan dari layar komputer atau tugasmu yang sedang menumpuk; beranjak dari tempat dudukmu ketika kantuk sudah tidak tertahankan. Mulailah dengan berdiri dan menggerakan tangan atau melangkahkan kaki menjauh dari meja kerjamu. Jika memungkinkan, cobalah untuk sejenak pergi ke halaman belakang kantor supaya bisa menghirup udara segar.

2. Minum Segelas Air Putih
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran. Ini dapat membuat anda segar kembali karena cairan dalam tubuh anda kembali normal. Usahakan untuk minum air putih murni 8 gelas perhari.

3. Sejenak Berganti Tugas Yang Baru

Terlalu lama fokus pada satu tugas bisa membuat seseorang merasa bosan. Rasa bosan inilah yang kemudian menyebabkan kantuk. Yuk, kita sejenak mencoba berganti tugas yang menumpuk menjadi tugas yang baru. Hal ini, bisa diatasi tapi bukan berarti kita melupakan tugas yang harus di kerjakan. Meskipun terdengar sederhana, cara ini akan membantu stimulasi otak sehingga tetap aktif berpikir.

4. Mendengarkan Musik

Bekerja sambil mendengarkan musik ternyata bisa mengatasi rasa kantuk. Musik akan membuatmu tetap terjaga selama bekerja. Uniknya, jenis musik yang jarang kamu dengarkan justru lebih efektif mengatasi kantuk daripada musik yang biasa kamu dengar.
Bahkan, musik dengan volume lirih juga lebih ampuh membuatmu terjaga daripada musik dengan volume keras. Pasalnya, suara lirih memaksamu untuk lebih fokus mendengarkan, baik irama maupun lirik dari musik itu.

5. Meminum Secangkir Kopi

Tidak kuat menahan kantuk di sela-sela jam kerja? Segeralah melangkah ke pantry untuk menyeduh secangkir kopi hangat!
Yah, Apakah kalian tahu mengapa ? aroma kopi yang harum akan membangunkanmu. Kopi mengandung kafein yang siap bersaing dengan adesonin dalam tubuh. Zat adesonin adalah senyawa dalam sel otak yang membuat seseorang mudah mengatuk. Kafein berfungsi memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah, namun justru merasa lebih segar.

6. Istirahat Sejenak  
Ketika anda sedang bekerja atau belajar, cobalah untuk beristirahat sejenak. Cara yang paling dengan beristirahat adalah melakukan senam-senam pemanasan seperti meregangkan tangan, kaki, pinggang, ataupun menggoyang-goyangkan kepala anda. Atau saat disela sela kesibukan kalian kalian bisa istirahat sejenak 20 menit, agar kalian lebih segar.

7. Pergilah ke Toilet untuk Menggosok Gigi

Rasa kantuk bisa diatasi dengan melakukan hal-hal yang membuatmu merasa segar. Salah satunya dengan menggosok gigi. Mengapa harus mengosok gigi ? Pasalnya, rasa dari pasta gigi akan memberikan sensasi segar di mulut. Sehingga ketika kalian mengantuk, rasa kantuk akan segera hilang dan kamu pun siap melanjutkan pekerjaan.

8. Kunyah Permen dengan Perisa Mint

Inilah kenapa kamu wajib menyimpan permen di laci meja kerja. Alasannya, permen terbukti ampuh melawan rasa kantuk yang sering mengganggu produktivitasmu.
Sebaiknya pilih permen dengan perisa mint yang umumnya memberi efek segar di mulut. Selain itu, bisa juga memilih jenis permen karet yang lebih awet dinikmati sambil menuntaskan tugas-tugasmu. Namun, pastikan bahwa atasan atau budaya kerja d ikantormu tidak keberatan dengan hal ini, ya!

9. Cobalah dengan Menarik Nafas
Menurut penelitian, ketika anda menguap berarti kadar oksigen dalam otak anda sedang berkurang. Karena meguap juga merupakan salah satu ciri anda sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, coballah tarik nafas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik kemudian hembuskan selama 5 detik, lakukan ini beberapa kali sampai membuat anda merasa segar kembali.

10. Atasi Kantukmu dengan Mencuci Muka

Selain dengan cara menggosok gigi seperti di ulas di poin sebelumnya, rasa kantuk juga bisa diatasi dengan mencuci muka. Hampir sama dengan menggosok gigi, mencuci muka juga akan memberikan efek segar di wajah.
Jadi, tidak ada salahnya membawa facial foam yang biasa kamu pakai sehari-hari ke kantor. Saat tiba-tiba didera kantuk, kamu bisa buru-buru ‘kabur’ ke toilet untuk mencuci muka.

11. Hirup Minyak Wangi atau Aromaterapi

Ketika kantuk sudah demikian menyiksa, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuka botol minyak wangi lalu menghirup aromanya dalam-dalam. Selain minyak wangi, kamu juga bisa menggunakan aromaterapi yang mengobati kantuk sekaligus memberikan efek rileks pada tubuh.

12. Kalahkan Kantuk dengan Main Game

Ketika rasa kantuk sudah tidak bisa lagi diajak kompromi, memaksa menyelesaikan pekerjaan menjadi hal yang sia-sia. Lebih baik hentikan sejenak pekerjaanmu dan lakukan sesuatu yang bisa membuatmu bersemangat.
Apa sih yang bisa membuatmu lebih bersemangat? Yup, main game! Main game bisa jadi cara paling menyenangkan untuk menyegarkan otak. Lewat permainan game, otak akan dibantu untuk menemukan hal baru yang membuatnya aktif berpikir. Sebaiknya, pilih game dengan karakter lucu karena bisa meningkatkan suasana hati ke arah positif, tapi ingat, jangan melupakan tugas yang kalian kerjakan.

13.  Melakukan Olahraga 
Saat pekerjaanmu menumpuk, rata rata kita melupakan olahraga. Nah, itu bisa salah satu penyebab kalian mudah mengantuk.Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur. Yuk, kita coba, mudah kok caranya, kita dapat melakukannya saat istirahat jogging ditaman sejenak.

14. Makanan Bisa Jadi Biang Keladi Kantukmu

Penting untuk memperhatikan asupan makananmu setiap harinya. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang memang bisa membuatmu mudah mengantuk. Umumnya, makanan-makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi adalah biang keladinya. Misalnya nih, nasi, roti, umbi-umbian, atau pisang.
Perhatikan jumlah karbohidrat yang kamu konsumsi saat sarapan maupun makan siang. Demi mencegah kantuk, sebaiknya hindari porsi besar saat makan siang. Makanlah secukupnya dan jangan terlalu kenyang jika tidak ingin mengantuk setelahnya.

15.Tidur Adalah Obat yang Paling Mujarab

Mudah mengantuk di siang hari bisa jadi karena kamu memang kurang tidur. Selayaknya, orang dewasa tidur selama 6-8 jam sehari. Jika kebutuhan ini tidak bisa terpenuhi saat istirahat malam, maka kemungkinan mengantuk di jam-jam kerja menjadi lebih besar.

Daripada mati-matian melawan, menuruti rasa kantuk dengan  tidur jadi cara yang paling tepat. Pasalnya, rasa kantuk ibarat sinyal yang dikirimkan tubuh. Bahwa tubuh memang sudah terlalu lelah dan butuh istirahat.

 Pastikan bahwa kamu bisa tidur cukup saat malam hari. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang membuat tidurmu tidak berkualitas. Sebaiknya, hindari menonton TV atau menggunakan gawai satu jam sebelum tidur. Matikan lampu dan buat tidurmu senyaman mungkin.

Mulai mengantuk?Buruan coba tips diatas, selamat mencoba

Komentar