Ini Favoriteku Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah
Untuk Program IPA, Ada Jurusan Yang Paling Diminati dan Kurang Diminati Perguruan Tinggi

 Hasil gambar untuk jurusan ipa

Program IPA memang banyak, sehingga banyak perguruan tinggi yang melakukan seleksi. Namun siapa sangka apabila kamu masuk perguruan tinggi yang ternyata banyak peminatnya, dan ternyata kamu tidak terdaftar karena banyak peminatnya. Jangan bersedih, Berikut ini ada informasi jurusan yang yang paling diminati dan apabila kamu termasuk kategori diatas ada lho....jurusan yang peminatnya sedikit tapi itu sangat membantu kamu agar diterima perguruan tinggi. Mari Simak Jurusan yang paling diminati program IPA dan Jurusan yang kurang diminati program IPA yang akan membantumu.

Jurusan yang Paling di minati Program IPA
 1. Kedokteraan 

Setiap tahun, hampir selalu, Jurusan Pendidikan Dokter / Kedokteran menjadi salah satu jurusan dengan peminat tertinggi suatu PTN. Banyak banget peminat jurusan ini di Indonesia, mungkin kamu salah satunya, karena memang kebutuhan tenaga kedokteran masih sangat tinggi. Belum lagi masalah pemerataan di daerah tertentu. Intinya sih negara ini butuh banyak sekali dokter.

2. Jurusan Mipa 

Jurusan ini sering dianggap enggak memiliki prospek kerja yang luas. Tapi sebenarnya, segala sesuatu yang kita jalani sehari-hari itu sangat berhubungan dengan matematika. Mulai dari belanja dengan uang sampai mengetik chat di hape. Ada serangkaian kode matematika yang dibuat di smartphone sehingga bisa menghasilkan kata-kata yang kita lihat.

3. Jurusan Arsitek

Kata siapa jurusan IPA itu anaknya kaku-kaku? Ketika kita lulus sekolah nanti dan mencoba mengambil jurusan ini, kita bakal membuktikan kalau jurusan IPA itu kreatif banget. Jadi seorang arsitek membuat kita enggak hanya melihat suatu hal secara estetika alias nilai keindahan tapi juga memadukannya dengan kekuatan (firmitas) dan kegunaan atau fungsi (utilitas).

4. Jurusan Komputer

Di bidang komputer, kita bisa coba mengambil jurusan Teknik Informatika. Teknik Informatika mempelajari penerapan logika matematikan untuk mengelola informasi menjadi teknologi komputer yang bermanfaat. Sementara Ilmu Komputer mempelajari.

5. Jurusan Pertanian

Jurusan ini sering dianggap sebelah mata apalagi di era digital seperti sekarang. Padahal, jurusan ini bakal sangat dan akan selalu dibutuhkan sepanjang masa. Hmm... Mudahnya, kita enggak bakal bisa makan, tapi kita bisa hidup walau enggak internetan. Nah... Makanya, jurusan ini bakal selalu dicari kapan pun itu.

6. Jurusan Teknik 

Beberapa jurusan kuliah teknik terbaik antara lain: Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Nuklir. Jurusan-jurusan itu punya tujuan pembelajaran yang berbeda. Tapi yang pasti, jurusan teknik itu akan berfokus dan mendalami teknik tentang suatu bidang. Misal, teknik elektro membahas tentang sistem jaringan dan listrik.

7. Jurusan Teknik Sipil 

Ini jurusan yang paling banyak pesaingnya. Kenapa? Soalnya lulusan teknik sipil banyak dicari di lapangan kerja. Prospek kerjanya juga banyak banget.
Prospek kerja: Kontraktor

8.   Teknik Elektro

Pertimbangkan jurusan ini baik-baik. Dijamin, bidang telekomunikasi sangat berprospek sampai 10 tahun mendatang.
Prospek Kerja: Operator dan Vendor

9.  Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Fisika

 Pemerintah terus melakukan pembangunan untuk PLTU di beberapa tahun mendatang dengan kapasitas 10.000 MW. Ini tentunya perlu melibatkan lulusan-lulusan dari teknik mesin, industri dan fisika, dong?
Prospek Kerja: Teknisi dan Karyawan Industri.

10.  Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Banyak perusahaan yang butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis, apalagi melihat perkembangan teknologi yang seakan belum lelah berlari.
Prospek Kerja: IT, Maintenance, Web Designer.

11.  Teknik Nuklir

 Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini sangat sedikit, contohnya adalah UGM. Kamu yang punya minat di dunia kenukliran bisa coba pilih yang satu ini. Tenagamu pasti dibutuhkan oleh beberapa negara, terutama untuk negara maju yang teknologinya sudah jauh dibandingkan Indonesia. Habis studi lanjut, kamu bisa bantu memajukan Indonesia juga deh!
Prospek Kerja: Ahli Nuklir dan Karyawan PLTN 

Jurusan yang kurang diminati Program IPA

1.  Teknik Planologi
Jurusan ini mempelajari tentang wilayah atau kota beserta unsur-unsur yang ada didalamnya. Ilmu ini merupakan pengabungan dari geologi, geografi, ekonomi, politik, sosial budaya dan lainnya. Jika ada berminat lebih baik mendaftar ke kampus ITB, ITS atau UB Malang karena memiliki akreditasi A. Passing grade teknik planologi ini memiliki skor  50,1% untuk kampus ITB .

2. Ilmu Kelautan
Jurusan ini mempelajari tentang segala hal tentang laut mulai dari makhluk hidup, gelombang dan yang berhubungan dengan laut. Di ITS passing grade jurusan kelautan ini hanya mencapai 31,9 % dengan akreditas A, selain itu di UB Malang dan ITB juga memiliki akreditasi A.

3. Meteorologi
Ilmu ini akan mempelajari tentang bumi beserta gejala-gejalanya. Hanya sedikit dari kampus di Indonesia yang memiliki jurusan ini diantaranya IPB dan Unhas. Passing grade di IPB hanya menyampai 28,6 %.

4. Kehutanan
Semakin lama memang jurusan ini semakin sempit peluangnya karena semakin sempit hutan yang ada terutama di Indonesia. Di UGM saja passing grade jurusan ini hanya 20,9% jadi kemungkinan untuk diterima terbuka lebar.

5.  Teknologi Hasil Hutan
jurusan ini menjadi solusi masalah kehutanan yang semakin sempit di Indonesia, tetapi sayangnya peminatnya masih belum banyak. ada beberapa kampus besar yang memiliki jurusan ini diantaranya UGM,IPB dan UNHAS. Passing grade di IPB memiliki skor 24,5% dan 28,9% di UNHAS.

6.Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian 
Ini merupakan turunan dari fakultas pertanian yang tugasnya memberikan edukasi kepada petani agar lebih baik lagi. Di UGM jurusan ini hanya memiliki passing grade sebesar 39,30%.

7. Astronomi
 Jurusan yang berhubungan dengan benda-benda langit. Untuk peluang jurusan ini memang tidak banyak dibutuhkan jadi peminatnya tidak terlalu banyak. Hanya di kampus IPB yang memiliki jurusan astronomi.

8. Teknik Pengelasan
Jurusan ini dianggap sepele karena jika ingin belajar las tidak harus kuliah, belajar dengan tukang las saja bisa. Anda bisa mengambil jurusan ini di PPNS-ITS dengan akreditasi yang bagus yaitu nilai A.

9. Teknik Perkapalan
 Belum banyak yang melirik jurusan ini karena hanya ada beberapa kampus yang memiliki jurusan ini. Jurusan teknik perkapalan ini bisa anda temui di ITS, UNHAS, UNDIP, UI dengan passsing grade berkisar antara 31-39%.

10. Teknik Perpipaan
Jurusan ini memang tergolong baru sehingga belum begitu banyak peminatnya tetapi sebenarnya peluangnya masih sangat besar. Jurusan perpipaan bida anda temui di PPNS-ITS.

11. Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Jurusan ini tergolong baru karena mulai diberlakukannya keselamatan kerja pada perusahaan-perusahaan baik swasta maupun negara. Jurusan ini yang terbaik ada di UI, tetapi sayangnya hanya menerima sedikit mahasiswa saja.

12. Manajemen Sumberdaya Perairan 
Jurusan yang berada dibawah teknik perikanan, mengajarkan ilmu pemanfaatan tentang sumberdaya perairan agar tidak diseksploitasi secara berlebih dan tetap lestari. kampus yang memiliki jurusan ini ada di UNDIP, IPB, UB dan USU. di UB nilai passing grade jurusan ini bernilai 26,03%.

13. Budidaya Perairan
Jurusan yang membahas tentang budidaya ikan di air mulai dari konsumsi hingga hias. Passing grade jurusan ini memiliki skor 24,33% di Universitas Brawijaya. Selain UB jurusan ini ada di kampus Unair, Unsoed dan Unri

14. Teknologi Hasil Perikanan
Jurusan turunan dari fakultas perikanan yang mengajarkan untuk menguasai, menerapkan dan mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan perikanan. Jurusan ini dapat anda temui di UB, UGM, Undip dan IPB. di UB passing grade jurusan ini berkisar antara 18-30%.

15. Teknik Design dan Manufaktur
 Jurusan ini masih sepi peminat tetapi banyak perusahaan yang membutuhkan untuk proses desain sampai dengan manufaktur yang begitu komplek. Jurusan ini bisa anda temui di PPNS-ITS Surabaya.

Sumber
http://cewekbanget.grid.id/Love-Life-And-Sex-Education/Selain-Kedokteran-Ini-5-Jurusan-Kuliah-Terbaik-Lain-Untuk-Anak-Ipa
https://life.idntimes.com/education/rizal/buat-kamu-anak-ipa-ini-11-jurusan-kuliah-terbaik-yang-bisa-kamu-pilih/full

Komentar