Ini Favoriteku Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

Ada Manfaatnya Bergabung dengan OSIS di Sekolah 

Hasil gambar untuk kegiatan osis

Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). 

OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS. Selain menjadi pengurus OSIS, ternyata organisasi ini bermanfaat, berikut ini manfaat bergabung OSIS di sekolah.
1. Mengasah Jiwa Kepemimpinan

Sebagai salah satu syarat untuk bergabung dengan OSIS, biasanya pihak sekolah mengadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) khusus. Di sana, kamu akan dilatih untuk memaksimalkan jiwa kepemimpinan dalam diri kamu, mengingat bahwa sebagai anggota OSIS, kamu juga berperan sebagai perwakilan sekolah untuk teman-teman satu sekolah kamu. Saat kuliah, kemampuan ini akan membuat kepribadianmu menonjol sehingga kamu bisa menjadi salah satu mahasiswa yang unggul.

2. Menambah Kenalan

Bergabung dengan OSIS akan memberimu kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman satu sekolah dari berbagai kelas. Kenalanmu juga makin bertambah luas apabila ada event-event yang mengharuskan OSIS untuk bekerja sama dengan sekolah lain. Kemampuan networking-mu pun diasah dan hal ini akan membantumu dalam beradaptasi ketika kuliah nanti. Kamu tidak akan merasa canggung dan kesusahan untuk berkenalan dengan teman-teman baru karena telah terbiasa saat OSIS di sekolah.

3. Memperkaya Pengalaman

Sudah bukan menjadi cerita baru bahwa bergabung dengan suatu organisasi akan menambah pengalaman seseorang. Begitu juga dengan menjadi anggota OSIS. Biasanya, OSIS memiliki program kerja yang harus kamu selesaikan dalam setahun. Tentu tidak semua hal akan berjalan mulus, tapi dari hal tersebut lah kamu akan belajar banyak hal. Ingatlah bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Jadi, jangan takut membuat kesalahan, asalkan kamu dapat mengambil pelajaran dan tidak mengulanginya.

4. Melatih Skill Sosial

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, OSIS membuatmu harus bekerja dengan banyak orang. Beberapa dari mereka bahkan mungkin merupakan teman-teman baru. Di sinilah skill sosialmu diuji, terlebih ketika ada masalah yang muncul. Sama halnya dengan kuliah nanti. Kamu akan bertemu dengan banyak individu baru dengan latar belakang yang berbeda. Pengalamanmu di OSIS akan sangat membantumu untuk mengenali karakter-karakter teman-teman barumu di kuliah.

Komentar