Ini Favoriteku Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah
Pengertian, Struktur, Tujuan, Macam-Macam dan Contoh Teks Prosedur 

a. Pengertian Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks yang di dalamnya berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu.

b. Tujuan Teks Prosedur
Tujuan penulisan teks prosedur merupakan untuk membantu pembaca atau pendengar untuk memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat.

c. Macam-Macam Teks Prosedur
  • Teks Prosedur Sederhana
    Prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja, contoh: prosedur mengoperasikan setrika.
  • Teks Prosedur Kompleks
    Prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya. Contoh: prosedur tentang terkena tilang.
  • Protokol
    Prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu ketat/rumit dan mudah dipahami.
d. Macam-Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur
  • Kalimat Imperatif
    Kalimat yang mengandung perintah, fungsinya ialah untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
  • Kalimat Deklaratif
    Kalimat yang berisi pernyataan, fungsinya ialah untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
  • Kalimat Intereogatif
    Kalimat yang berisi pertanyaan, fungsinya ialah untuk meminta informasi tentang sesuatu.
e. Ciri ciri teks prosedur
Adapun ciri-ciri teks prosedur yang diantaranya yaitu:
  • Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif).
  • Menggunakan kata kerja aktif.
  • Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.
  • Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat dan cara yang akurat.
f. Struktur Teks Prosedur
Secara garis besar, Teks Prosedur memiliki 2 struktur yakni bagian Tujuan dan bagian Langkah-langkah. Bagaimana dan seperti apakah tujuan dan langkah-langkah dalam membuat Teks Prosedur, berikut akan dijelaskan beserta contohnya.

g. Contoh Teks Prosedur
Di bawah ini akan disajikan sebuah bacaan yang berjudul Pencangkokan Tanaman. Adapun lebih jelasnya adalah sebagai berikut :
  1. Pengembangan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. Selain mudah dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. Hal ini dilakukan guna mendapatkan keturunan dari pohon yang dicangkok yang lebih baik, sehingga buah atau hasil yang didapatkan lebih maksimal. Sebagai contoh yakni pencangkokan tumbuhan mangga bisa mendapatkan buang mangga yang lebih baik dari mangga yang dicangkok. Selain kelebihan yang disebutkan di atas hasil pencangkokan memiliki masa tumbuh yang relatif lebih singkat, dibandingkan ditanam melalui biji atau benih.
  2. Dalam kenyataannya pencangkokan tanaman memiliki kelebihan dan kekurangan/ kerugin. Keuntungan yang dapat diperoleh melalui pencangkokan tananman antara lain, tanaman berbuah lebih cepat, mutu buah yang dihasilkan sama dengan induknya. Sementara kerugiannya yakni tanaman hasil pencangkokan hanya memiliki akar serabut sehingga lebih mudah tumbang/ roboh dibandingkan dengan jika ditanam secara umum.
  3. Dalam melakukan proses pencangkokan diperlukan beberapa alat dan bahan, diantaranya yakni satu bilah pisau, tali plastik/ tali bambu, plastik transparan/ sabut kelapa/ ijuk dan tanah yang agak basah dan subur. Alat dan bahan tersebut sangat penting sekali dalam melakukan proses pencangkokan berbagai tanaman yang memang bisa dilakukan pencangkokan.
  4. Adapun langkah dalam melakukan pencangkokan yakni :
  5. Carilah dahan yang ukuran batang pohon dan tempat yang akan dikupas paling sedikit 10 cm
  6. Ukurlah jarak antara batang pohon dan tempat yang akan dicangkk dengan panjang kupasan 5 cm
  7. Kupaslah sekeliling kulit dahan yang akan dicangkok dengan panjang kupasan 5 cm
  8. Keriklah lendir atau kambium dahan tersebut dengan perlahan agar kering
  9. Tutuplah hasil kupasan dengan tanah
  10. Bungkuslah tanah dengan plastik, lalu ikat kedua ujungnya agar tanah tidak jatuh.
  11. Setelah semua langkah dilakukan, maka lakukan pemantauan seminggu sekali, guna melihat perkembangannya. Apakah tanah pencangkkan itu kering, siramlah dengan membuka tali pengikat bagian atas cangkokan. Setelah dua atau tiga minggu, tunas hasil cangkokan akan tumbuh pada bagian tanah yang dibungkus. Maka hal tersebut bisa dikatakan proses pencangkokan berjalan dengan lancar.

Komentar