Ini Favoriteku Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

11 Cara Agar Bisa Percaya Lagi Pada Kekasih yang Pernah Selingkuh

4 Cara Agar Bisa Percaya Lagi Pada Kekasih yang Pernah Selingkuh 
 Tak ada seorangpun yang senang jika kepercayaannya dikhianati. Apalagi diselingkuhi oleh pasangan. Rasa sakit hati dan kecewa pun jadi alasan kuat untuk mengakhiri hubungan.

Namun apakah mungkin memberi kesempatan lagi pada pasangan yang pernah selingkuh? Apalagi jika Anda melihat si pasangan begitu menyesal. Simak tips berikut yang mungkin dapat membantu Anda mengembalikan kepercayaan pada si dia.

1. Bertanya pada Diri Sendiri
Sebelum memaafkannya, sebaiknya beri waktu bagi Anda untuk sendiri. Pergunakan waktu tersebut untuk instrospeksi dan menanyakan pada diri sendiri, apa Anda sudah memaafkannya? Atau apakah ia pernah berselingkuh sebelumnya? Ratih Ibrahim, psikolog sekaligus konsultan percintaan di Wolipop menyarankan:

"Tanyakan kepada diri kamu, apakah kamu sudah benar-benar memaafkan pasangan? Jika belum, tanyakan kembali apakah selama dua tahun terakhir ini dia pernah berselingkuh lagi? Jika jawabannya adalah tidak, sudah saatnya kamu memaafkannya. Dengan memaafkannya kamu akan melangkah maju dan meninggalkan masa lalu di belakang. Jika kamu sudah berhasil melangkah maju, akan lebih mudah untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap dirinya," tutur Ratih.

2. Berkaca pada Diri Sendiri
Ketika keraguan mulai muncul kembali, tanyakan pula pada diri Anda, bagaimana hubungan berjalan akhir-akhir ini? Bagaimana cara ia memperlakukan Anda? Apa dia terlihat begitu menyesal? Jika jawabannya iya, maka belajarlah untuk terus berjalan dan hapus keraguan Anda padanya. Tiap orang berhak mendapat kesempatan kedua.

"Kalau ternyata kamu terus menerus dihantui perselingkuhannya dan tidak juga bisa move-on, pikirkan untuk menyudahi saja hubungan kalian, ketimbang melanjutkan sebuah hubungan yang kualitasnya buruk," tambah ibu dua anak ini.

3. Jangan Posesif
Setelah diselingkuhi, tak jarang wanita akan bersikap posesif karena trauma si pria akan pergi lagi. Namun, justru sikap inilah yang akan membuat Anda ditinggalkan.

"Perilaku posesif akan membuat pasangan kamu merasa terkekang dan tidak dipercaya. Alih-alih membuat dia sadar, perilaku posesif justru dapat membuat dirinya malah meninggalkan kamu. Lantas apa yang harus kamu lakukan? Kuncinya adalah berusaha berpikir rasional," jelas Ratih.

4. Jangan Selalu Melihat Masa Lalu
Ketika Anda sudah memilih melanjutkan hubungan, jangan pernah menoleh ke masa lalu. Hal itu akan membuat Anda kembali sakit hati, dan jadi was-was dengan si pasangan.

"Bukankah akan lebih menyenangkan jika kamu menikmati hubungan tersebut dan bersyukur dapat memiliki dia? Jika kamu terus terjebak dengan masa lalu, jangan bersedih jika akhirnya kamu pun kehilangan pacar," tambahnya.

5. Jangan Pernah Berbohong
Jika ingin dipercaya, jangan pernah berbohong sekalipun. Sekali Anda berbicara bohong, sulit baginya untuk mempercayai Anda lagi. Oleh karena itu, berusaha mengatakan sejujurnya walaupun kenyataan tersebut ‘pahit’ bagi Anda atau pasangan.



6. Tunjukkan Kalau Anda Menyesal
Setelah meminta maaf karena sudah merusak kepercayaan pasangan, tunjukkan kalau Anda menyesal. Ingatkan diri sendiri agar tidak mementingkan ego demi memperbaiki hubungan kalian. Kemudian, tidak mengulangi kesalahan yang sama untuk mengembalikan kepercayaan si dia.

7. Jangan Sebarkan Masalah ke Teman
Jangan mengumbar permasalahan yang ada dalam hubungan ke jejaring sosial atau bercerita dengan semua teman Anda. Ini salah satu langkah ampuh untuk mengembalikan kepercayaan si dia. Kalau Anda menceritakan masalah kepada orang lain, mereka akan memberikan saran sesuai dengan yang mereka lihat. Hal itu bukannya membantu malah membuat masalah semakin panjang. Maka dari itu, coba selesaikan masalah dalam hubungan hanya berdua dengan pasangan.

8. Berlaku Bijaksana
Coba berlaku bijaksana agar tidak menimbulkan permasalahan baru dengan pasangan. Rencanakan sesuatu yang dapat menghangatkan hubungan kalian, misalnya pergi bersama setelah menyelesaikan masalah. Hal tersebut akan membuat si dia yakin kalau Anda serius ingin memperbaiki kesalahan.

9. Jangan Buat Kesalahan yang Sama
Cara terakhir ini penting dilakukan agar pasangan percaya lagi dengan Anda. Jangan buat kesalahan yang sama sehingga bikin sang kekasih kembali kecewa. Berusaha semaksimal mungkin agar dia yakin kalau Anda bisa diberikan kesempatan kedua.

10. Perhatikan Hal yang Kecil dari Pasangan
Perhatikan pula hal-hal kecil yang diperlukan pasangan. Mungkin dia lagi butuh dukungan Anda karena pekerjaannya cukup berat saat ini. Atau dia lagi ada masalah keluarga sehingga membutuhkan Anda di sampingnya. Coba berikan perhatian lebih kepadanya agar dia tahu kalau Anda berusaha memperbaiki hubungan kalian.

11. Berubah
Anda harus berubah untuk menebus kesalahan yang telah dilakukan. Tidak perlu mengubah seluruh sikap Anda, tapi cukup perubahan kecil yang bisa mengembalikan kepercayaan pasangan, misalnya berusaha memperbaiki komunikasi kalian setelah bertengkar dengan sang kekasih atau menjauhkan hal-hal yang dapat membuat pasangan kecewa.

Komentar