14 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

14 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

https://inifavoriteku.blogspot.com/2019/04/14-manfaat-menangis-bagi-kesehatan.html

Menangis adalah respons fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang.

Pada beberapa kasus menangis adalah sinyal yang dikirimkan oleh seseorang pada orang lain untuk memberitahu bahwa seseorang itu betul betul sedih atau tertekan. Namun, secara biologis, manusia menangis disebabkan karena adanya hormon estrogen di dalam tubuh manusia. Hormon estrogen dapat memicu timbulnya reaksi emosional seperti sedih, kecewa, dan bahagia dan kemudian mengeluarkan air mata.

Setiap orang pastinya pernah menangis. Menangis bukan hanya disebabkan karena rasa sedih dari dalam diri. Namun juga bisa karena faktor lain. Menangis sebenarnya adalah luapan emosi dan perasaan dari dalam jiwa. Beberapa orang mengatakan bahwa dengan menangis maka perasaan akan lebih tenang dari sebelumnya. Meskipun dianggap sepele, menangis memiliki beberapa manfaat yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang.
 

14 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Mata merah dan bengkak merupakan salah satu akibat jika Anda menangis terlalu lama. Namun jangan khawatir, dibalik itu semua ternyata menangis memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat menangis, di antaranya:

1. Melepaskan ketegangan

Manfaat menangis yang utama adalah meredakan ketegangan yang Anda rasakan. Alasan mengapa banyak wanita tidak selalu cemberut dibandingkan dengan pria adalah karena wanita akan terus meredakan ketegangan melalui menangis.

Pada kenyataannya adalah sebagian orang-orang ingin menangis tapi lebih sering menahannya. Guna menghilangkan rasa tegang, akan lebih baik jika Anda menangis.

2. Membersihkan kotoran mata

Meski hal ini terdengar aneh, faktanya menangis memang mampu membersihkan kotoran mata. Membiarkan air mata mengalir akan menghilangkan kotoran yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan mencuci mata dari luar. Air mata juga dapat berfungsi untuk menjaga mata tetap segar dan tidak kekeringan.

3. Melindungi mata dari bakteri

Ketika Anda bepergian ke tempat umum atau sedang mengendarai motor, maka mata Anda sangat rawan terkena debu dan bakteri. Air mata dapat membantu Anda untuk melindungi mata dari serangan bakteri karena mata memiliki lisozim, suatu larutan enzim yang terdapat di dalam cairan sekresi eksokrin, seperti air susu ibu, air mata, keringat, lendir hidung dan cairan mulut. Cairan ini berfungsi untuk membunuh bakteri hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Oleh karena itu, jangan menyepelekan manfaat menangis. 

4. Melegakan perasaan

Manfaat menangis lainnya adalah mengurangi emosi yang sedang Anda rasakan. Menangis membantu Anda untuk membiarkan emosi pergi dan juga bisa digunakan sebagai bentuk pengekspresikan diri.


Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.


Setelah Anda selesai menangis dan membiarkan semua emosi Anda pergi, Anda akan merasa lebih baik. Manfaat menangis yang utama adalah untuk membuat Anda merasa lebih baik dan merasa lega.

5. Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresinya, dan membuat mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

6. Mengeluarkan racun

Sebuah studi tentang air mata menemukan bahwa, air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa air mata membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

Air mata mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkephalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

7. Mengurangi stres

Seperti penjelasan sebelumnya, air mata yang berasal dari emosional, hormon stres akan turut dikeluarkan saat sedang menangis. Tak hanya itu, sebuah studi mengungkapkan manfaat menangis dapat merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat Anda merasa lebih baik.

8. Meningkatkan penglihatan

Air mata mampu membantu menjaga mata Anda agar tetap lembap, membersihkan mata dari debu-debu, dan mencegah iritasi pada mata. Pada akhirnya, air mata dapat menjernihkan penglihatan Anda.


Manfaat menangis juga dapat mencegah membran mukosa pada mata agar tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi. Kekeringan pada mata dapat membuat mata rentan terhadap serangan bakteri.

9. Meningkatkan keintiman

Jika Anda bisa menunjukkan kepada orang lain mengenai kedalaman duka yang Anda rasakan, hal itu membantu memperdalam ikatan Anda dengan orang tersebut. Oleh karena itu, manfaat menangis bagi wanita atau pria dapat meningkatkan tingkat keintiman.

10. Meningkatkan kreativitas

Selain terkait kesehatan, manfaat menangis ternyata juga bisa meningkatkan kreativitas. Jika Anda melihat kehidupan musisi, artis, atau penyair, semua pasti pernah menghasilkan sesuatu yang kreatif yang dipicu dari aktivitas menangis.


Membuka diri kepada dunia dalam bentuk kreatif dan membiarkan orang lain tahu tentang apa yang Anda hadapi, mungkin membuat Anda sadar bahwa Anda tidak sendirian. Ada banyak orang lain yang memiliki masalah serupa dan bisa mendapatkan inspirasi dari Anda.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah penelitian menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih baik. Namun apakah menangis memiliki efek membuat tidur lebih baik yang sama pada orang dewasa–belum ada penelitian terhadap hal ini.


Namun, efek menenangkan, meningkatkan mood, dan menghilangkan rasa sakit dari manfaat menangis dapat membantu seseorang tertidur lebih mudah. Manfaat menangis pada bayi membantunya membersihkan cairan ekstra di paru-paru, hidung, dan mulut.

12. Mencegah Flu 

Penyebab terjadinya flu yakni karena adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri penyebab flu dapat masuk ke dalam tubuh dari bagian tubuh manapun, termasuk dari mata. Bakteri ini dapat dikeluarkan kembali melalui menangis. Air mata yang disebabkan karena menangis memiliki kandungan zat lisozim fluida dimana zat ini dapat membunuh 95% bakteri dalam beberapa menit saja. Oleh karena itu, menangis dapat membantu mencegah terjadinya flu dengan membunuh bakteri penyebab flu dengan beberapa zat yang terkandung di dalam air mata itu sendiri.


13. Lebih Dekat Dengan Orang Lain

Dengan menangis, emosi yang ada dari dalam diri dapat diuraikan dan juga mencegah terjadinya hambatan mental dalam diri seseorang. Menangis dapat membantu memecahkan emosi sehingga seseorang dapat lebih terbuka dengan orang lain. Menangis juga dapat mengubah suatu pandangan seseorang terhadap orang lain. Menangis juga lah yang mampu menyatukan seseorang dengan orang lain dengan cara yang tulus. Dengan pecahnya emosi dari dalam diri seseorang, seseorang akan menjadi lebih terbuka terhadap orang lain dan menjadikan seseorang tersebut lebih dekat dengan orang lain.


14.  Menyeimbangkan Tekanan darah

Adanya berbagai masalah yang tidak diluapkan dari dalam diri, dapat menyebabkan penumpukan beban di dalam tubuh yang lama kelamaan dapat berpengaruh pada tekanan darah seseorang. Terlebih pada pikiran yang yang terlalu penat dan beban pikiran yang terlalu dalam, tekanan darah dapat meningkat dengan cepat.

Untuk menghindari tekanan darah agar tidak kemudian meningkat drastis, seseorang dapat menangis untuk menyeimbangkan tekanan darah. Jika pikiran terlalu penat dan seseorang menahan diri untuk tidak menangis, hal tersebut malah akan membuat tumpukan pikiran dan dapat menjadikan tekanan darah menjadi tinggi atau hipertensi. 

Komentar