5 Jurusan Kuliah yang Diprediksi Bakal Punah pada Tahun 2020 Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

5 Jurusan Kuliah yang Diprediksi Bakal Punah pada Tahun 2020


Kuliah

Zaman dulu, konsep robot akan menggantikan tugas dan pekerjaan manusia adalah suatu hal yang enggak masuk akal. Namun sekarang, berkat kemajuan teknologi, robot enggak cuma bisa diandalkan untuk membantu pekerjaan manusia, tapi diprediksi bisa menggantikan peran manusia dalam beberapa pekerjaan tertentu di masa mendatang.

Dikutip dari The Guardian, umumnya, pekerjaan yang akan digantikan oleh robot di masa depan adalah pekerjaan yang memiliki rutinitas yang sama dan dikerjakan secara berulang-ulang. Efeknya, enggak cuma para pekerja yang kehilangan profesinya, tapi hal itu juga berpengaruh terhadap jurusan kuliah tertentu.
Pasalnya, dikutip dari WomensArticle.com, seenggaknya ada sekitar lima jurusan kuliah yang diprediksi bakal punah pada tahun 2020 nanti. Alasannya, pekerjaan untuk lulusan dari jurusan tersebut bakal digantikan oleh robot dan teknologi. Kira-kira, apa saja jurusan kuliah yang bakal punah di masa depan nanti?
1. Akuntansi



Akuntan

Diperkirakan, di masa depan nanti, profesi akuntan akan dikerjakan oleh robot. Itu sebabnya, pada tahun 2020 nanti, jurusan kuliah ini diprediksi bakal punah. Rata-rata, profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan besar, sementara itu, untuk mengurusi pajak individu, hal tersebut bisa dilakukan secara online atau menggunakan software tertentu.
2. Perhotelan dan Pariwisata



com-Travel Vlog

Sebagian besar industri yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata dikabarkan bisa dengan mudah diganti dengan teknologi. Kebutuhan terkait agen perjalanan nantinya akan berkurang. Dulu, untuk liburan, kita bakal mengandalkan jasa agen perjalanan. Namun sekarang ini, kita bisa melakukannya sendiri melalui situs maskapai yang ingin digunakan.
3. Hukum


Sekarang ini, semua informasi bisa diakses dengan mudah lewat bantuan internet. Di masa depan nanti, diprediksi bahwa peran manusia kemungkinan enggak begitu dibutuhkan untuk melakukan beberapa pekerjaan, seperti pengarsipan.
4. Broadcasting


Profesi 10

Salah dampak berkembangnya teknologi yang mungkin sudah dirasakan sekarang ini adalah banyak orang yang enggak lagi mencari hiburan atau informasi lewat TV. Soalnya, semua hal tersebut bisa didapat secara online, bahkan lewat media sosial yang biasa kita gunakan sehari-hari.
5. Farmasi


Ilustrasi  meracik obat

Di masa depan nanti, diprediksi bahwa pembuatan dan peracikan obat akan dilakukan oleh robot. Itu sebabnya, jurusan ini bakal jadi salah satu yang punah di tahun 2020. Ke depannya, akan ada apotek yang menggunakan konsep drive thru, sehingga peran apoteker akan digantikan oleh teknologi atau robot.

Komentar