8 Kelebihan Menjadi Mahasiswa/Mahasiswi Sastra Inggris Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

8 Kelebihan Menjadi Mahasiswa/Mahasiswi Sastra Inggris


Kuliah Sastra Inggris itu berbeda dengan kuliah Bahasa Inggris. Di Sastra Inggris kita akan belajar tentang Budaya, Sejarah, Sastra, dan tentunya Bahasa Inggris. Sastra identik dengan menulis Puisi, si Kutu Buku, Orang nya pada Kaku, Nggak jelas nantinya mau apa. 

Sebelum melangkah lebih lanjut, mungkin masih ada yang bingung. Apa itu Sastra? Kenapa Sastra Inggris menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang masih bingung memilih jurusan? Berikut adalah beberapa yang harus kamu tahu, kelebihan kamu memilih Jurusan Sastra Inggris.

1. Analisa Novel, Buku, atau Film menjadi hal yang mudah.

Analisis Novel, Poetry, bahkan buku sekalipun ibarat sudah menjadi makanan sehari-hari. Tapi jangan anggap ini merugikan. Justru hal besar ini sangat menguntungkan kamu untuk ke depannya. Analisis tidak melulu dengan hal yang berbau buku dsb. Kamu bisa menganalisa film dan lagu favorit. Targetkan lagi dengan menganalisa artikel dan buku. Lama - kelamaan pikiranmu akan lebih kritis.Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus. tidak mustahil kita akan menjadi anggota polisi, detektif, BAHKAN menjadi anggota Badan Intelijen Negara jika analisismu tepat dan akurat.  

2. Mengetahui secara langsung budaya Inggris, Amerika, dan Australia.

Bagi kamu penikmat keunikan budaya-budaya di negara One Direction tersebut, jurusan ini sungguh cocok sekali untuk kamu! Di tiap semester, kamu akan mempelajari secara langsung sejarah serta budaya di Tanah Air kita Indonesia, lalu Inggris, Amerika, dan Australia. Disini kamu akan mengetahui bahwa ternyata orang-orang disana menganut rasa individualisme yang tinggi. Ditambah lagi, kamu akan mengetahui makanan yang sering disantap oleh orang-orang Amerika dari sarapan, makan siang, makan malam, cemilan terpopuler dan banyak hal lagi.

3. Menambah Vocabulary dengan cara menyenangkan.

Banyak dari pelajar Indonesia sampai saat ini tidak tahu cara efektif untuk menambah vocab atau kata-kata berbahasa inggris. Dan pada akhirnya, mereka bosan dan berujung malas. Padahal hal tersebut sangat mudah dilakukan! Kamu tidak harus membaca bertumpuk-tumpuk buku yang berunsur berbahasa inggris. Hal-hal kecil hingga besar berikut bisa dengan mudah dilakukan seperti menonton film favorit dengan English Subtitle, mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris sambil membaca dan meghafal liriknya, membaca Short story yang menyenangkan, bahkan membaca fun articles yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan gadget kamu.

4. Menambah teman dari negara yang jauh

Mungkin akan menjadi pengalaman yang luar biasa jika berteman dengan orang-orang bule. Jika vocabulary kamu berlimpah, senang berkomunikasi, dan suka bertukar ide atau opini, menyapa teman-teman di luar sana pun tidak akan canggung lagi. Apalagi dengan bantuan social media seperti facebook dan twitter, menambah teman akan menjadi sangat mudah

5. Dilatih untuk Pandai Berbicara


Di jenjang kuliah, bakat menulismu akan terasah lewat mata kuliah Journalism. Bahkan, kecakapanmu dalam berbicara juga dilatih lewat mata kuliah Public Speaking. Kamu bisa mempunyai nilai plus dari 2 mata kuliah tersebut, kamu bisa menguasai dasar-dasar jurnalisme dan public speaking dalam dua bahasa sekaligus, yaitu fasih dalam menggunakan Bahasa Indonesia, dan mumpuni dalam Bahasa Inggris. 

6. Jodoh yang bisa berbahasa inggris.

Kebayang ga sih kalo ternyata pacar kita bisa berbahasa inggris juga? Pasti seru deh! Kamu bisa texting-an sama doi pake bahasa inggris. Kalau ada salah dalam grammar, pacarmu atau kamu bisa saling mengoreksi. Hal - hal yang kamu suka ternyata dia juga suka. Kamu akan disebut sebagai pasangan yang anti-mainstream. Duuuuh pasti gak kebayang deh serunya kayak apa.

7. Skripsi, Bisa Membahas Novel atau Film Favorit kamu

Di Jurusan Sastra Inggris kamu bisa menggunakan Novel atau Film favoritmu sebagai bahan skripsi. Gimana gak keren kan? Ini yang bikin kamu tambah semangat ngerjain skripsi. Kamu gak perlu repot-repot untuk meminta kuisioner sama orang-orang. Kamu cukup membaca novelnya atau menonton film yang menjadi bahan skripsi kamu, lalu tinggal menganalisanya.

Bahasa adalah media untuk menyampaikan Sastra. Karena, fungsi dari bahasa itu sendiri adalah sebagai media berkomunikasi. Sama halnya dengan Sastra Inggris yang merupakan buah dari Bahasa Inggris, nggak heran anak Sastra sering dapet orderan bikini Puisi, entah itu untuk gombalin gebetannya, nembak gebetannya.

8. Bikin Puisi Menjadi Kebanggaanmu Sendiri

Di sini, ada sisi kreatifmu yang tumbuh lewat pelajaran berpuisi dan mengarang indah. Selain kamu jadi makin fasaih mengolah kata, mata kuliah creative writing dan mata kuliah literature lainnya mampu mengasah imajinasi dan sisi kreatifmu.
 


Komentar