Cara Mengatasi Sariawan di Mulut dengan Alami Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

Cara Mengatasi Sariawan di Mulut dengan Alami

https://inifavoriteku.blogspot.com/2019/04/cara-mengatasi-sariawan-di-mulut-dengan.html

Seriawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi. 

Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit. 

Seriawan di tempat yang sama selama dua minggu hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut.

Stomatitis Aphtous/Ulcer bukan hanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C, namun sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik (ataupun penggunaan gigi palsu baru), dsb.

Cara Mengatasi Sariawan di Mulut dengan Alami

1. Madu
Mengoleskan madu di atas sariawan Anda akan mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan
Anda dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Seperti dilansir dari Prevention, ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Saudi Arabia University terhadap 94 partisipan yang menemukan, bahwa terdapat penurunan rasa sakit yang timbul serta sariawan yang muncul setelah partisipan mengoleskan madu di atas sariawan mereka selama empat hari. Hal ini diyakini terjadi karena adanya kemampuan anti-peradangan dan anti-bakteri yang dimiliki oleh madu.

2. Larutan garam
Berkumur-kumur dengan campuran air garam selama kurang lebih 30 menit, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan Anda. Selain itu, larutan garam juga diyakini memiliki kemampuan anti-peradangan dan anti-bakteri yang dapat mencegah sariawan Anda berkembang semakin parah. Tak perlu banyak, satu setengah sendok teh cukup untuk membuat larutan ini.

3. Kelapa
Kelapa diyakini mampu mengurangi rasa sakit serta mencegah peradangan memburuk.
Mengolesi sariawan Anda dengan campuran madu dan susu kelapa atau dengan minyak kelapa sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari, dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi sariawan ini.

Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

4. Kantung teh bekas
Menempelkan kantung teh bekas selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda diyakini mampu membantu mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan.
Ini karena teh merupakan suatu zat basa yang dapat menetralisir keberadaan asam yang mampu memperburuk rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan.

5. Menghindari makanan asam
Makanan asam disinyalir mampu menyebabkan kerusakan permukaan suatu jaringan tubuh.
Sehingga membatasi konsumsi makanan asam dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit dan mencegah perkembangan kondisi sariawan tersebut.
Sebagian besar sayuran, susu, air kelapa, dan teh memiliki derajat keasaman yang rendah sehingga aman untuk sariawan Anda.

Kapan sariawan harus diperiksakan ke dokter?
Sariawan biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga dua minggu untuk penyembuhannya.

Namun sebaiknya periksakan sariwan yang Anda miliki bila:
1. Sariawan tersebut tetap bertahan hingga tiga minggu.
2. Sariawan tersebut kerap kali datang.
3. Sariawan Anda justru terasa semakin perih, semakin memerah, atau semakin besar.
4. Kemunculan sariawan Anda diikuti dengan timbulnya gejala lain seperti demam, diare, dan sakit kepala.
5. Sariawan yang Anda miliki bahkan menyulitkan Anda dalam menelan.

Komentar