Makanan penurun kolesterol tinggi secara cepat Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

Makanan penurun kolesterol tinggi secara cepat


Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan. 

Kelebihan kolesterol bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi atau karena kurang berolahraga. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi akibat faktor keturunan. biasa disebut dengan kolesterol baik. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolestrol tinggi tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi bisa terjadi pada anak-anak. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga.

Jeruk nipis

 


Makanan penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah jeruk nipis. Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Anda cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

Anggur

 


Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Berkat kandungannya, anggur dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Caranya, minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jambu merah

 


Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh Anda. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, jambu merah berguna sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Anda bisa langsung memakannya begitu saja atau diolah terlebih dahulu menjadi jus. Pastikan untuk mengonsumsi jambu merah secara rutin.

Brokoli


Brokoli dikenal sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Pasalnya, brokoli mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi. Untuk mendapatkan manfaat brokoli untuk menurunkan kolesterol olah brokoli dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli. 

Oatmeal


Oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tak hanya mengenyangkan, namun juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Jus jeruk

 


Penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk alami berguna untuk memperbaiki keadaan lipid darah pada mereka yang mengidap kolesterol tinggi. Sebabnya, jeruk mengandung vitamin C, folat, dan flavonoid di dalamnya.

Biji-bijian utuh

 


 Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. Berkat kandungannya itu, biji-bijian utuh dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol tinggi.

 

Kacang almond

 


Kacang almond dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Penelitian mencatat bahwa konsumsi kacang almond setiap hari bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat 3% hingga 19%.

Apel


Makanan penurun kolesterol tinggi lainnya adalah Apel. Buah ini terutama kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Salmon



Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang disebut dengan EPA dan DHA yang berguna untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsilah setidaknya 2 porsi salmon setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung.

Pir


Makanan penurun kolesterol tinggi lainnya adalah buah pir. Buah satu ini tinggi akan serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun. 

Teh hijau

 


Teh hijau adalah minuman sehat yang terbukti bermanfaat untuk menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mencegah penumpukan plak di arteri.

Kacang kedelai



Mereka yang menderita kolesterol tinggi disarankan untuk makan kedelai. Sebab kacang-kacangan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat berkualitas tinggi yang membantu untuk menurunkan kolesterol jahat.

Berries (strawberry, blueberry, cranberry)

 

 

Keluarga Berri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL. Berri juga dikenal sebagai makanan penurun kolesterol. Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh. Oleh karena itu rajin mengonsumsi berries merupakan langkah menurunkan kolesterol yang efektif. 

Alpukat 

 

Alpukat merupakan buah yang jadi sumber lemak tak jenuh. Alpukat juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin K, dan beberapa mineral lainnya yang semua bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

Minyak zaitun

 


Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Menambahkan minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan kolesterol.

Pepaya

 


Pepaya diklaim ampuh sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah. 

Cokelat hitam

 


Ngemil cokelat hitam bisa menjadi cara menyenangkan untuk menurunkan kolesterol. Sebabnya cokelat ini mengandung theobromine yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik.

Bawang putih

 


Bawang putih adalah rempah-rempah yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat. Mengingat risiko dari kolesterol tinggi, maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah secara berkala. Pemeriksaan tersebut dianjurkan, terutama bagi seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat kolesterol tinggi atau penyakit jantung dan pembuluh darah, serta bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih, hipertensi, atau diabetes.

Komentar