Peluang Karir Jurusan Hukum Langsung ke konten utama

Informasi Terbaru

Cara Menemukan Minat dan Mengasah Bakat Pada Diri Sendiri

Oleh Kharisma Intania Banyak yang masih bingung dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, tugas kita adalah menemukan bakat dan kemampuan yang kita miliki. Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Bakat erat hubungannya dengan pekerjan yang nantinya akan kita kerjakan, misalnya anda memiliki bakat bermain sepakbola, maka anda bisa menekuni sepak bola sebagai pekerjaan. Pun juga jika anda berbakat sebagai pelukis, anda bisa menjadi pelukis atau berprofesi sebagai designer. Kita sering bertanya kepada diri sendiri, apa sebenarnya bakat yang kita miliki, banyak orang merasa bosan dengan pekerjaan yang mereka kerjakan dan menganggap pekerjan yang mereka lakukan tidak sesuai bakat dan kemampuan. Meskipun, jika tidak di asah

Peluang Karir Jurusan Hukum



Jurusan hukum menawarkan banyak sekali pilihan karir yang bisa Anda tekuni di masa depan. Dengan perkembangan di dalam bidang hukum dan teknologi menciptakan peluang karir baru yang bisa Anda lakukan. 

 

Pengacara

 

 

Bidang pekerjaan ini sepertinya sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Pengacara adalah pekerjaan yang paling banyak diambil oleh para lulusan jurusan hukum. Pengacara bertugas sebagai konselor yang akan membela hal-hak kliennya. Seorang pengacara bisa bernegosiasi dengan pihak terkait dan mengajukan tuntutan hukum.

Analis Konflik

 


Sebagai lulusan jurusan hukum Anda dapat berkarir sebagai analis konflik, biasanya bekerja di sebuah firma hukum dan memiliki peran yang rumit.  Analis konflik bertugas untuk meneliti potensi konflik kepentingan antara satu pihak dengan pihak lain yang sedang terlibat, termasuk di dalamnya staf pengadilan. 

Hakim

 



Lulus jurusan hukum Anda bisa menjadi seorang hakim. Tugas hakim adalah untuk mengawasi persidangan dan memutuskan di peradilan. Secara keseluruhan seorang hakim akan menafsirkan dan menerapkan hukum yang berlaku. Untuk menjadi seorang hakim harus menempuh pendidikan dijurusan hukum.

Mediator

 


Setelah menempu kuliah jurusan hukum, Anda dapat berkarir sebagai mediator atau disebut juga dengan Arbiter atau Konsiliator. Bertugas untuk menangani penyelesaian sengketa sebelum gugatan perdata dilanjutkan ke pengadilan.  

Mediator akan bertemu dan mencoba untuk memandu pihak yang bertikai untuk melakukan kompromi dan menyelesaikan masalah. Seorang Mediator tidak mewakili salah satu pihak dan bersikap netral dalam proses penyesaian masalah. 

 

Notaris

 


Jenis pekerjaan untuk jurusan hukum yang selanjutnya adalah notaris.Notaris adalah sesorang sebagai pejabat umum yang memiliki wewenang membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, sekaligus ketetapan yang sesuai peraturan perundang-undangan. Akta yang biasa dibuat oleh seorang notaris, seperti akta pendirian sebuah perusahaan, yayasan, dan lainnya. 

 

Reporter Pengadilan

 

Setelah lulus menempuh kuliah jurusan hukum Anda dapat menjadi seorang reporter pengadilan. Pekerjaan ini mengharuskan Anda berada di dalam persidangan untuk mencatat setiap kalimat di dalam persidangan serta menyimak kemajuan yang ada.  

 

Videografer Hukum

 


Selain itu sebagai lulusan jurusan hukum ada juga bisa menjadi seorang Videografer Hukum atau dikenal sebagai Videografer Forensik terlibat dalam pembuatan video untuk uji coba.

 

Rekonstruksi Kecelakaan

 


Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh orang yang memiliki latar belakang jurusan hukum dan teknik. Ia akan bertugas untuk memeriksa rincian kecelakaan untuk menciptakan kembali bagaimana itu bisa terjadi. Sehingga bisa mengetahui dengan baik siapa yang salah dan harus dihukum.

Dosen  

 


Dosen hukum juga termasuk salah satu jenis pekerjaan untuk jurusan hukum yang mulia. Anda bertugas mendidik para mahasiswa jurusan hukum sesuai ilmu hukum yang Anda miliki. 

 

Administrator Firma Hukum

 


Seorang Administrator yang berada di tingkat atas dan bertugas untuk mengawasi operasional dan keuangan di dalam sebuah firma hukum.

 

Jaksa 

 


Jenis pekerjaan untuk jurusan hukum yang berikutnya adalah jaksa. Jaksa atau penuntut umum ini adalah pegawai pemerintahan dalam bidang hukum yang meiliki tugas menyampaikan tuduhan atau dakwaan di dalam proses pengadilan kepada seseorang yang diduga melanggar hukum. 

 

Panitera Pengadilan

 


Lulus dari jurusan hukum Anda dapat menjadi seorang Panitera Pengadilan yang memiliki tugas di luar ruang sidang dan berperan membantu proses peradilan di belakang layar. 
 
Dimana di dalam setiap kasus hukum biasanya melibatkan berbagai dokumen dan teknologi. Panitera Pengadilan bertugas untuk menerima semua hal tersebut dari orang-orang yang berperkara dan melacaknya secara teratur.

Profesor di Bidang Hukum

 


Jika Anda termasuk orang yang suka mengajarkan siswa tentang ilmu pengetahuan, maka pekerjaan ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain mengajar mahasiswa jurusan hukum di dalam kelas, seorang Profesor Hukum juga terlibat dalam banyak penelitian. Meraka akan mempublikasikan jurnal hukum untuk perkembangan ilmu pengetahuan di masa depan.

Sumber
https://koinworks.com/blog/peluang-karir-jurusan-hukum/
http://quantumbioenergi.com/pekerjaan-untuk-jurusan-hukum/
 


 

Komentar